Panen SOP dalam Rapat Kerja Adi Buana 2022/2023

Trawas – Rapat kerja Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Tahun Akademik 2022/2023 yang bertempat di Arayana Hotel & Resort Trawas Mojokerto benar-benar dibuktikan dengan melimpahnya berkas berupa Rencana Strategis (Renstra), Rencana Operasional (Renop) dan Capaian Renop. Selama tiga hari terhitung tanggal 26-28 Januari 2023 dalam rapat kerja ini panitia yang diamanahkan kepada lembaga LPPIP seakan-akan panen SOP (Standar Operasional Prosedur). Terbagi atas dua kelompok kerja yaitu Akademik dan Non Akademik masing-masing harus setor berkas berupa; Renstra, Renop, Capaian Renop, Laporan Kepuasan dan SOP.

Dr Fachrudy Asj’ary MM selaku ketua secara terpisah menyampaikan bahwa dalam rangkaian raker ini, para peserta benar-benar dikuras tenaganya untuk menyelesaikan tagihan dan panitia akan menilai hasil kinerjanya yang diumumkan di akhir raker. “Kita seriusi acara ini dalam sidang pleno, hingga hari ini kita undi secara bersama-sama dan terbuka, siapa saja yang menyampaikan hasil kinerjanya. Setidaknya ada 22 laporan yang harus dipresentasikan hingga malam di hari kedua rapat kerja” terang beliau.

Secara teknis peserta sudah didatangkan sejak hari kamis sore, dan pada Jum’at paginya jajaran pimpinan dan perkumpulan membuka acara raker. Drs H Sutijono MM berpesan dalam sambutannya agar orang-orang terpilih yang dikirim ini merupakan penanggung jawab masa depan Universitas. Rencana Strategis merupakan roadmap menuju lima tahun yang direncanakan. “Saya menitipkan pesan Ki Hajar Dewantara dalam rapat kerja ini, yaitu; Suci Tata Ngesti Tunggal, artinya adalah suci batinnya, tertib lahirnya menuju kesempurnaan. Setiap pejuang pendidikan harus berperilaku dan berjanji seperti ini” terang Bapak Sutijono yang merupakan ketua PPLP.

Prof Dr M Subandowo MS selaku rektor lebih banyak memberikan pesan penguatan kepada para pimpinan fakultas, lembaga dan departemen. Rapat kerja harus menghasilkan produk yang berguna untuk mendukung akreditasi universitas menuju unggul. “Bapak, Ibu, Saudara dihadirkan dalam rapat kerja ini merupakan pimpinan dan pemikir terwujudnya kejayaan Adi Buana. Tuntutan untuk membuat renstra, ini merupakan dokumen yang menjadi landasan penyusunan program dan kegiatan dalam mencapai indikator kinerja dan merupakan arah pelaksanaan Tridharma dalam periode tahun yang sudah dituangkan, ini bukan beban, ini adalah keniscayaan” terang Pak Rektor.

Rapat kerja ini juga diberikan materi workshop. Pemateri dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto yaitu Prof Dr Ahmad PhD memberikan tema Technique of Accelerating The Implementation of MBKM. Beliau lebih menekankan kepada Internalisasi sikap profesionalisme dan budaya kerja yang sesuai agar ada link and match dengan dunia industri, kaitanya dengan suksesnya MBKM.

Produk luaran rapat kerja ini setidaknya di Bidang Akademik terdapat delapan dokumen yang diperoleh dari enam Fakultas, satu Sekolah Pascasarjana dan satu dari PSDKU. Dokumen dari Bidang Non Akademik terkumpul sebanyak empat belas dokumen. Empat dari Departemen, lima dari Bidang dan empat dari lembaga. “Panitia telah menilai, dan pemenang untuk Bidang Akademik atas dasar kelengkapan dokumen yaitu; Juara 1 Fakultas Sains dan Teknologi, Juara 2 Fakultas Teknik dan Juara 3 Fakultas Sains dan Kesehatan. Berikutnya Bidang Non Akademik, yaitu; Juara 1 dari Lembaga LPPM, juara 2 dari Bidang Laboratorium Terpadu, dan juara 3 dari Departemen DAD. Alhamdulillah dan bersyukur, pokoknya kita panen berkas SOP yang sudah terbukukan rapi dan sempurna” ungkap Dr Fachrudy mengakhiri wawancaranya. (*)

Sumber unipasby.ac.id