Surabaya – Sejak pagi Gelora Hasta Brata penuh dengan mahasiswa, pukul 09.00 WIB dalam daftar kehadiran tercatat 360 siswa yang melakukan absensi. Panitiapun harus cetak kembali lembaran absensi untuk tahap kedua. Antusias mahasiswa dalam mengikuti Festival MBKM dan Kewirausahaan benar-benar teruji pada kegiatan perdana ini. Tepat Selasa (20/12) rektor membuka acara festival ini dengan memukul gong. Selain pameran produk hasil mata kuliah KWU (Kewirausahaan) juga dilaksanakan talkshow dengan narasumber PT IBF (International Business Futures) dan PT Nutrifood, serta PIC program MBKM.
Dr Muhammad Muhyi MPd selaku ketua panitia memberikan penjelasan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberi wawasan tentang implementasi MBKM di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan memberikan bekal yang memadai sebagai modal pegiat menjadi wirausaha sejak dini. Pameran produk yang dilakukan mahasiswa juga luar biasa. Tercatat mahasiswa atas nama Yovanka Risvani Putri dan Hana Laili Nabila Artanti menampilkan produk dari Blitar saat mengikuti program MBKM berupa matching fund. “Saya bawa produk berupa wedangan gluduk, special bahan dasarnya ada lomboknya, walaupun ini untuk minuman dalam kemasan tetapi khasiatnya luar biasa. Kompisi berupa cabai, jahe, secang, serai, cengkih, gula batu dan jeruk nipis merupakan minuman khas yang diambil dari local wisdom” ungkap Nabila.
Matching Fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Perguruan Tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Mitra. Berbicara Mitra dari DUDI, kegiatan Festival MBKM dan Kewirausahaan di kampus Semangat PAGI, setidaknya didukung oleh 4 sponsor besar, yaitu; Lokalate, IBF, Nutriville, Hard Rock 89.7 FM. Pembicara dari perusahaan tersebut diwakili oleh Tri Wahyuningsih SE selaku Manager Marketing PT IBF dan Vito Dwiki Djalu, SE MM selaku Area Marketing Associate Jawa Timur PT Nutrifood.
“Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk magang di Nutrifood, selain di area marketing, kami juga menerima dari jurusan geografi serta teknologi pangan. Kami akan membantu proses sertifikasinya serta proses administrasi, agar mahasiswa dapat meng-klaim untuk kebutuhan mata kuliah, sesuai SKS yang dibutuhkan” terang Vito Dwiki.
Vito Dwiki juga menerangkan proses seleksi MSIB di Nutrifood sama seperti proses rekruitmen secara profesional. Mahasiswa harus benar-benar secara administrasi memenuhi syarat. Testimoni mahasiswa peserta MSIB juga menghadirkan Krisna Agung Brahma Murti merupakan peraih penghargaan peserta terbaik dari Pemerintah Kota Kediri.
Kegiatan Festival MBKM dan Kewirausahaan ditutup dengan pengumuman hasil penilaian untuk stand mahasiswa terbaik untuk versi Produk dan Packing, pemenangnya adalah Kelas V. Pemberian penghargaan juga dilakukan oleh perusahaan, yaitu penyerahan hadiah juara 1 bagi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya untuk lomba Lokalate Marketing 2022 Competition. Festival MBKM dan Kewirausahaan dengan tema : Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter, Berprestasi, dan Berkarya melalui Implementasi MBKM dan Kewirausahaan benar-benar sukses diselenggarakan, selanjutnya akan menjadi agenda rutin ditahun-tahun mendatang. (*)
sumber unipasby.ac.id