ICCCM Malaysia Kunjungi Adi Buana Sebagai Partnership dari International Workshop APTISI

Surabaya – ICCCM (International Cultural Communication Center Malaysia), yang diwakili oleh regional directurnya menghadiri kampus Semangat PAGI, hari Kamis (3/11). Agenda lawatan ke Indonesia yang sebenarnya dilaksanakan pada kemarin lusa di Kota Malang. International Workshop yang penyelenggaranya adalah APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Wilayah VII Jawa Timur. Mengambil tema: Elementation of Internationalization Strategies Higher Education Through Global Collaboration. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mendapatkan undangan khusus karena merupakan partner institusi di Indonesia bagi ICCCM.

Kegiatan International workshop kemarin, merupakan kegiatan diskusi strategi Kerjasama luar negeri dengan AUSTRED (Australia Trade and Investment Commision), ICCCM (International Cultural Communication Centre Malaysia), dan Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) dengan perguruan tinggi swasta se Jawa Timur. Hadirnya Ms Loo Hui Ann sebagai Regional Directur ICCCM bersama Ibu Chintya Putri memberikan informasi yang kuat, bentuk-bentuk kerjasama yang bisa dilakukan dengan perguuan tinggi.

Wakil Rektor 1, Dr Dwi Retnani Srinarwati MSi dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa ICCCM dengan Adi Buana sudah bekerjasama sejak tahun 2021 dan telah melaksanakan kegiatan sebanyak 7 kali aktivitas. Kesempatan Meeting and Discussion ini diharapkan menjadi sumber informasi bagi fakultas-fakultas untuk menggali jenis kerjasama apa saja yang bisa dilaksanakan dengan ICCCM. “Marilah kita gagas, bentuk kerjasama di bawah naungan fakultas, ruang lingkupnya seperti apa, ini kesempatan baik. Karena kebutuhan kerjasama dengan luar negeri menjadi bagian dari perwujudan kampus yang bermutu” ungkap Ibu Dwi.

Loo Hui Ann menyampaikan terima kasih atas undangan Universitas PGRI Adi Buana, beliau sangat berharap segala kolaborasi dengan ICCCM dan universitas-universitas di Tiongkok, semakin diperluas berkaitan dengan kultural dan edukasi. Presentasi yang dilakukan oleh Ibu Chintya Putri yang menjelaskan bahwa ICCCM adalah lembaga yg menghubungkan kerjasama perguruan tinggi di China dengan perguruan tinggi di Indonesia. “Kita adalah pioneer internasionalisasi berbagai negara, dengan resources terbesarnya dari tiongkok, serta partner-partner kami dari berbagai belahan dunia, salah satunya adalah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya” terang Ibu Chintya.

Kerjasama yang dilakukan antara ICCCM dengan Adi Buana dalam bentuk international webinar selama ini dapat dilaporkan sebagai berikut; Chinese Traditional Fitness Skills: Taking Eight Silken Movements as an Example (Cangzhou Technical College, China – PKO) pada tanggal 13 Mei 2022, Kemudian Nursing and Elderly Caring (Changsha Social Work College, China – Kebidanan) pada tanggal 6 Januari 2022.  Halal and Food Safety (Suzhou Polytechnic Institute of Agriculture – Teknik Industri) tepatnya tanggal 15 November 2021, Kemudian Electrical and Environmental Engineering (Chengdu Aeronautic Polytechnic – Teknik Elektro) pada 19 November 2021. Berikutnya  Economics and Finance (Zhejiang Financial College, China – FEB) 5 November 2021. Selanjutnya yang berbentuk Training, yaitu; Education for Children with Autism (XiangYang Vocational and Technical College – PKH) pada 18 Oktober – 14 November 2022. Traditional Chinese Culture and Chinese Language Training (Zhangzhou Institution of Technology – Universitas PGRI Adi Buana Surabaya) pada tanggal 16-30 Desember 2021.

Kesempatan Meeting and Discussion, juga dimanfaatkan oleh para Dekan yang bertanya tentang Student Exchange, Kajian budaya, Cooking of Art, pencarian reviewer internasional untuk mensupport jurnal-jurnal di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pertemuan hari ini di akhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Wakil Rektor 1 kepada Ms Loo Hui Ann. (*)

sumber unipasby.ac.id