Rektor Lantik Senat Mahasiswa Universitas Masa Bakti 2022-2023

Surabaya – Senat Mahasiswa Universitas, merupakan organisasi yang menjadi wadah representasi bagi mahasiswa. Tepatnya tanggal 20 September 2022, pengurus senat mahasiswa universitas ini dilantik oleh rektor. Keberadaan senat mahasiswa universitas sangat penting, sebagai perwakilan mahasiswa, sebagai wadah aspirasi, penyalur minat bakat, serta membentuk karakter mahasiswa yang kritis, analis, inovatif, berwawasan luas, kerakyatan, kebangsaan, dan juga kenegaraan.

Ketua terpilih Rizki Afif Wardana menerangkan bahwa struktural kepengurusan telah rampung diselesaikan, bahkan setelah dilantik rencananya akan fokus untuk menjalankan organisasi dengan baik. “Langkah kongkrit menjalankan visi misi, pastinya kami untuk langkah awal lebih difokuskan ke pemberdayaan sumber daya manusia yang ada di internal sehingga bisa memberikan feedback yang baik kepada teman-teman mahasiswa yang sudah memilih kami di SEMA (Senat Mahasiswa)”  terang Rizki yang memiliki hobbi membaca ini.

Rizki yang saat pemilu fungsionaris mahasiswa pada 18 Agustus 2022, menang mutlak suaranya, dengan visinya berkeinginan mewujudkan UNIPA Surabaya yang independent menjalankan fungsi eksekutif, memberikan atensi dan menjadi lembaga yang konstruktif, terhadap pengembangan bakat dan minat mahasiswa serta solutif dan kritis terhadap problematika yang terjadi di lingkungan Unipa Surabaya. Sebelum dilantik juga menandatangani PAKTA INTEGRITAS.

Pakta Integritas tersebut, berisi tentang janji mahasiswa untuk menjalankan etika akademik dan non akademik di lingkungan Kemahasiswaan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Menjalankan dengan penuh dedikasi, tanggungjawab, disiplin, dan komitmen tinggi sesuai dengan tugas dan  kewajiban saya sebagai  fungsionaris mahasiswa, serta visi dan misi Universitas. Berkomitmen menjaga dan menjalankan komunikasi yang harmonis, santun, dan meningkatkan kualitas layanan, baik vertikal maupun horizontal. Mendukung dan melaksanakan Program Anti Korupsi, Anti Bullying, Anti Intoleransi, dan Anti Kekerasan Seksual. Menjalankan karakter peduli, amanah, gigih dan inovatif dalam setiap aktivitas.

Rektor Dr. M Subandowo MS menjelaskan bahwa fungsionaris mahasiswa harus menjadi Agent of Change, melengkapi informasi kepada masyarakat bahwa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, kampus yang benar-benar mampu menciptakan generasi atau kader bangsa yang tangguh. “Sudah sepatutnya Senat Mahasiswa Universitas menjadi agen perubahan untuk kemajuan Unipa Surabaya yang lebih baik lagi dan memberikan pengaruh yang positif bagi masyarakat sekitar” ungkap rektor.

Senat Mahasiswa adalah salah satu organisasi mahasiswa yang ada di kampus, pembentukannya didasarkan pada SK Mendikbud No. 0459/U/1989 tentang Pedoman Dasar Organisasi Kemahasiswaan. Senat bisa berkedudukan baik di tingkat universitas maupun fakultas. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berkomitmen bergerak lebih cepat bersama fungsionaris mahasiswa untuk mencapai kejayaan. (*)

sumber unipasby.ac.id