5 MATA KULIAH DI PRODI STATISTIKA UNIPA LOLOS PROGRAM PRAKTISI MENGAJAR GELOMBANG 3 TAHUN 2022

Praktisi Mengajar adalah Program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juga agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.

Berdasarkan pengumuman Program Praktisi Mengajar Gelombang 3 Tahun 2022, terdapat 5 (lima) mata kuliah di prodi Statistika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA) periode pelaksanaan Semester Ganjil 2022/2023 lolos Program Praktisi Mengajar Gelombang 3 Tahun 2022. Mata kuliah tersebut diantaranya Riset Sosial, Komputasi Statistika, Basis Data dan Penelusuran Data, Statistika Non Parametrik, Eksplorasi dan Visualisasi Data. Mata kuliah Riset Sosial yang diampu oleh Alfisyahrina Hapsery, S.Si., M.Si. akan berkolaborasi dengan Habibullah, S.Sos, M.Kesos. selaku Peneliti Ahli Madya Badan Riset Kesejahteraan Sosial Desa dan Konektivitas, Mata kuliah Komputasi Statistika yang diampu oleh Mohammad Athoillah, S.Si, M.Si dan Fenny Fitriani, S.Si., M.Si akan berkolaborasi dengan Hasan Basri, S.Si, M.T. selaku Digital Innovation Analyst Auto2000, Mata kuliah Basis Data dan Penelusuran Data yang diampu oleh Mohammad Athoillah, S.Si, M.Si. akan berkolaborasi Ryan Agatha Widiiswa S.Ak. selaku Senior Data Engineer dan Data Analyst Direktorat Jenderal Pajak, Mata kuliah Statistika Non Parametrik yang diampu oleh Artanti Indrasetianingsih, S.Si., M.Si. berkolaborasi dengan Dr. Maria Gayatri, S.Si., MAPS. selaku Puslitbag Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera BKKBN, Mata kuliah Eksplorasi dan Visualisasi Data yang diampu oleh Elvira Mustikawati Putri Hermanto, S.Si., M.Si. akan berkolaborasi degan Kurnia Sari Aisyah, S.SI., M.Rc. selaku Data Analytics Manager Semesta Integrasi Digital.

Pelaksanaan program tersebut akan diselenggarakan secara daring pada bulan September hingga November 2022. Seluruh mahasiwa Prodi Statistika diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan program tersebut. Melalui kegiatan ini diharapkan Prodi Statistika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mampu meningkatkan dan memperluas reputasi program studi di tingkat nasional.