Dua Mahasiswa Prodi Statistika FST UNIPA Lolos Seleksi Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Dua Mahasiswa Program Studi (Prodi) Statistika, Fakultas Sains dan Teknologi – Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, lolos seleksi program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahap II. Mereka berdua akan mengikuti proses perkulian secara luring selama satu semester.

Mahasiswa tersebut adalah Khusnul Khotimah dan Mohammad Subhan Fajarulloh (mahasiswa angkatan 2019). Khusnul Khotimah lolos program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kemendikbudristek di Universitas Hasanuddin – Makassar. Sedangkan Mohammad Subhan Fajarulloh lolos di Universitas Syiah Kuala – Banda Aceh.

Menurut keterangan Khusnul, proses untuk lolos program PMM itu, melalui pendaftaran dengan membuatkan akun, mengisi berkas tepat waktu, kemudian diseleksi berkas, yang  selanjutnya menunggu pembekalan untuk keberangkatan. “Harapan ikut PMM ini  ingin merasakan kegiatan kuliah di Universitas lain dan pastinya menambah relasi dengan teman-teman mahasiswa di luar kampus Universitas PGRI Adi Buana Surabaya”, ujar Khusnul.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) memiliki tujuan antara lain untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam hal kepemimpinan dan juga melatih mahasiswa agar dapat mudah berbaur dengan orang-orang yang memiliki latar belakang beragam. Hal itu sebagai upaya peningkatan sikap toleransi, persatuan dan juga nasionalisme dan untuk memberikan pengalaman baru pada mahasiswa dalam proses belajar di perguruan tinggi lain dan juga untuk memperluas wawasan, cakrawala berpikir dan kompetensi. Selain itu, juga dapat memberikan pengalaman kebinnekaan kepada mahasiswa dengan adanya berbagai kegiatan yang menggunakan modul nusantara.

Sedangkan manfaat program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) bahwa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini juga dikabarkan membuka untuk 20.000 mahasiswa yang artinya mahasiswa di Indonesia memiliki peluang yang besar untuk berpartisipasi pada program kampus merdeka ini. Disamping itu mahasiswa diharapkan dapat  berpartisipasi, karena selain mendapat pengalaman dan wawasan baru akan ada banyak benefitnya jika mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini