Berkomitmen Mencintai Budaya STKW dan Adi Buana Kerjasama

Surabaya – Dua kampus besar yang berdiri sejak lama di Jawa Timur yaitu Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya pada tahun 1981 dan Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya pada tahun 1971, berkomitmen untuk mencintai budaya nusantara. Beberapa program studi yang memiliki kemiripan di kedua kampus ini, saling bekerjasama. Program studi Seni Rupa, Bahasa Indonesia dan Pendidika Guru Sekolah Dasar melakukan Memorandum of Agreement (MoA) bersamaan dengan Memorandum Of Understanding (MoU) rektor.

Kerjasama Bidang Akademik dalam nota kesepahaman merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja kedua kampus, guna memenuhi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). STKW Surabaya saat ini memiliki 4 program studi, meliputi ; Seni Tari, Seni Kerawitan, Seni Rupa Murni dan Seni Teater.

Dr. H. Jarianto, M.Si selaku Ketua STKW menjelaskan bahwa kerjasama ini untuk meningkatkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi masyarakat ketika lulus. “Lulusan harus memiliki Skill yang mumpuni, setidaknya kurikulum dari hasil belajar mereka, mampu diakui juga oleh masyarakat” terangnya.

Kerjasama yang direncanakan selama lima tahun kedepan, merupakan kerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia serta dukungan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“kelanjutan kerjasama ini, jangan sebatas terhenti di atas kertas, kami memiliki program studi Seni Rupa, Bahasa Indonesia dan PGSD, siap untuk secara aktif saling membantu dan mengisi” terang Dr. M. Subandowo, MS selaku rektor Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

“Adi Buana sudah memiliki Milestone sebagai Teaching and Innovation university  sehingga kami harus memperbanyak kerjasama dengan semua pihak untuk mendukung tujuan tersebut” lanjut rektor. Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, memiliki kesamaan, beberapa program seperti gelar ciptapanji dan kerawitan swara buana adalah komitmen untuk mencintai dan mengembangkan Budaya Nusantara. “Begitupun STKW juga punya keinginan menjadi kampus dengan wawasan global tanpa mengesampingkan local genius” terang Jarianto. (*)

 

Sumber unipasby.ac.id