Prakarsai Tanam Serentak Senusantara, Adi Buana Tandantangani MoU

Surabaya – Yayasan Karya Muda Sejahtera (YKMS) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) sepakat menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) bersama Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, untuk  peduli terhadap lingkungan, terutama Urban Farming. Kerjasama ini dimaksudkan sebagai bentuk penguatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Konsep teknisnya akan dikembangkan dan diwujudkan dalam bentuk Tanam Serentak Senusantara menggunakan pot verty. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya didaulat sebagai pemrakarsa,  yang acara seremonialnya akan dilaksanakan di Kampus Semangat PAGI pada tanggal 30 Januari 2022.

Yayasan Karya Muda Sejahtera (YKMS) bergerak dalam segala aspek. Seperti aspek lingkungan,pendidikan, pelatihan, sosial dan pemberdayaan masyarakat. Yayasan Karya Muda Sejahtera beranggotakan anak-anak muda yang peduli sesama manusia. “YMKS, akan serius kerjasama dengan UNIPA Surabaya, kami lihat potensi dan dukungan pihak kampus, sangat luar biasa” terang Arief Prayogo, S.Sos selaku ketua YKMS.

Penjelasan Arief, bahwa ide menanam pohon, sayur, bunga dalam pot verty mendapat dukungan dari Program Studi Seni Rupa, dengan penambahan karya seni berupa lukisan, menambah nilai estetika dan kecantikan tanaman.

Kerjasama juga berlanjut dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Surabaya, Widya selaku perwakilan MRI menerangkan bahwa organisasi masa ini bersifat independen, universal, serta bebas melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membela kepentingan dan hak-hak masyarakat dengan berorientasi pada pembangunan masyarakat sipil yang kuat. MRI menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya mengokohkan kebersamaan dan membangun harmoni kehidupan masyarakat.

“Saya yakin, mahasiswa Adi Buana akan menjadi Volunteer yang luar biasa, sebagai kelompok intelektual muda, penuh semangat” terang Widya.

MRI sendiri sangat cocok dengan program MBKM yang berkaitan dengan pendampingan kepada masyarakat. Kampus juga dituntut harus semakin giat untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Kami menerima baik kerjasama ini, apalagi penyelenggaranya para anak muda, dipastikan akan cepat dan tepat sasaran, kaitanya dengan kepedulian lingkungan” terang Dr. M. Subandowo, MS selaku rektor.

Kerjasama seperti ini diharapkan tidak sebatas selesai di atas kertas, langkah kongkritnya harus terus berkesinambungan. Adi Buana ini dinobatkan oleh MURI sebagai kampus dengan tanaman pohon langka terbanyak di Indonesia. “Adi Buana, akan selalu mengawal, semua pihak yang peduli terhadap lingkungan, terutama di perkotaan. SDM kami sangat lengkap, silahkan saling bekerjasama” imbuh Subandowo. (*)

 

Sumber unipasby.ac.id