Penulisan Best Practice bagi Guru Se-Kabupaten Sidoarjo

Surabaya – Sembilan puluh sembilan guru SMP se-kabupaten Sidoarjo, pagi ini (27/12) di hadirkan di Gelora Olah Raga (GOR) Hasta Brata kampus II Dukuh Menanggal, untuk mendapatkan pelatihan penulisan Best Practice yang merupakan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dr. Mimas Ardhianti, M.Pd selaku ketua panitia memberikan laporannya, “Tujuan dari pengabdian masyarakat ini memberikan wawasan tentang penulisan best practice, pelatihan sekaligus membantu publikasi karya guru ke berbagai jurnal’ terang Mimas.

Outcame dari kegiatan ini, salah satunya adalah tinjauan ilmiah gagasan atau pengalaman terbaik (best practice) di bidang pendidikan formal, merupakan bentuk pengukuran kinerja seorang guru atau kelompok dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah di sekolahnya. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya melalui ketuanya Dr. Agung Pramujiono, M.Pd telah memenangkan hibah ini dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Narasumber Dr. Ani Kadarwati, M.Pd yang merupakan Fasilitator Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, dalam paparannya  menyampaikan bahwa best practice meliputi pengalaman terbaik dalam merancang pembelajaran, utamanya yang berbasis Higher Ordr Thinking Skill (HOTS) dan Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK). Selain itu guru juga dituntut harus mampu mendokumentasikan proses pemblajaran inovatif melalui foto dan video.

Kaitannya dengan publikasi ilmiah, Dr. Ani Kadarwati, M.Pd juga menyampaikan bahwa “karya inovasi guru seyogyanya memenuhi kriteria APIK sebagai bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan.” Penjelasan tentang APIK tersebut yaitu terdiri atas 5 huruf, dengan penjabaran sebagai berikut; ASLI, PERLU, ILMIAH, KONSISTEN.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Dr. Tirto Adi, M.Pd hadir tepat pukul 10.00 Wib, dalam sambutan singkatnya, beliau berterima kasih kepada pihak Universitas terutama Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia penyelenggara kegiatan ini. Pesan kepada peserta yang merupakan para guru SMP se-Sidoarjo untuk memanfaatkan dan serius dalam pelatihan ini.

Kegiatan ini direncanakan selama 32 jam dengan narasumber utama dari Dikbud Kabupaten Sidoarjo serta dua belas narasumber pendamping dari dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. “besar harapan kami bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar, karena ini kegiatan didukung penuh dari pembiayaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis hasil Penelitian PTS Kemendikbud RI Ditjen Dikti” terang Mimas. (*)

 

Sumber unipasby.ac.id