Wakil Gubernur Hadiri Sarasehan PT PGRI Jawa Timur di Kampus Semangat PAGI

Surabaya – Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi dan Badan Penyelenggara PGRI Jawa Timur, memilih GOR Hasta Brata Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, menjadi tempat Sidang Pleno. Setidaknya sekitaran 44 Perguruan Tinggi yang berlabelkan PGRI, memilih tema sarasehan “MBKM dan Transformasi Pendidikan” kajian yang harus dibahas secara serius oleh para stakeholder perguruan tinggi dalam merencanakan pendidikan masa depan.

Wakil Gubernur pun turut hadir dalam acara ini, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B. Bus., M.Sc tepat pukul 10.00 WIB memasuki area GOR Hasta Brata. Ketika pak Emil datang, acara sedang berlangsung dengan agenda sambutan Ketua PGRI Jawa Timur sekaligus membuka pelaksanaan sarasehan. Kemeriahan dan kemegahan acara dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi, dimana sambutan kedatangan tamu diiringi oleh Kerawitan Swara Buana yang para  pemusiknya adalah Dosen serta Karyawan. Tari Semangat PAGI menjadi pertanda dimulainya acara sarasehan secara resmi, koreografi tari dan alunan musik Sekaring Bhedaya ditampilkan sebagai pertanda bahwa kampus ini sedang menerima tamu yang luar biasa.

Wagub Emil menerangkan “Tema ini sangat menarik, berbicara MBKM dan Transformasi Pendidikan, maka haruslah diikuti dengan perubahan. Lembaga Perguruan Tinggi yang merupakan penghasil pemegang Ijazah harus benar-benar serius dalam hal ini. Guru atau dosen harus mampu bertransformasi, untuk meng-upgrade dirinya menjadi praktisi” terang beliau.

Penjelasan wagub juga mengarah kepada pemenuhan Applied Skill bagi guru dan dosen. Dosen tidak hanya mengejar pemenuhan jam ngajar saja. Semua pihak harus sepakat untuk bisa keluar dari zona nyaman, dan walaupun tidak menyenangkan semua pihak, namun inilah cara kita untuk bisa memenuhi tantangan masa depan.

Sarasehan terbagi atas dua agenda kegiatan, yaitu diskusi para pimpinan Perguruan Tinggi dalam hal ini diwakili oleh satu orang rektor dan diskusi Badan Penyelenggara. Kedua kegiatan ini selanjutnya di notulensikan dan dibawa dalam sidang pleno hasil diskusi. Ketua PGRI Jawa Timur Drs. H. Teguh Sumarno, MM menyatakan bahwa akan memberikan pendampingan secara total bagi Universitas dan STKIP PGRI di daerah Jawa Timur untuk mensukseskan MBKM.

Kesempatan yang baik hari ini (7/11) juga dipergunakan oleh Universitas PGRI Adi Buana untuk memberikan penghargaan serta beasiswa bebas SPP 100 persen bagi kedua mahasiswa yaitu Della Dinarsari Harimurti dan Linar Betiliana, meraih medali emas untuk perwakilan Jawa Timur di cabang olahraga loncat indah, pada PON XX Papua 2021. Pidato rektor sebagai sambutan selamat datang menerangkan bahwa “moment hari ini, kita pergunakan sebaik mungkin untuk selalu bersinergi dan berkomunikasi dengan baik sesama penyelenggara pendidikan, terutama Perguruan Tinggi PGRI” terang Subandowo. (*)

 

Sumber unipasby.ac.id