BNN Provinsi Jawa Timur dan 11 Perguruan Tinggi Menandatangani MoU

Surabaya – Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur pada hari Selasa (10/8) bersama 11 Perguruang Tinggi terpilih, yaitu ; Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Dr. Sutomo Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Dinamika Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas 17 Agustus Banyuwangi dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menyelenggarakan Pelaksanaan Seremonial Penandatanganan Nota Kesepahaman Universitas Bersinar secara virtual.

Universitas Bersinar yang merupakan kepanjangan dari Bersih Narkoba merupakan perwujudan dari P4GN yaitu  Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.  Ketua BNN Jawa Timur bapak Drs. Mohammad Aris Purnomo, berpesan “Masyarakat kampus, kami pandang sebagai pusat intelektualitas yang sangat dipercaya oleh masyarakat, sehingga peran sosialisasi terhadap Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, akan lebih tepat jika disampaikan oleh Civitas Academica” jelasnya.

Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes dalam sambutannya mengajak rekan-rekan sejawat untuk Bersama dan Bekerjasama. Kita sering mengucapkan kebersamaan, namun lupa untuk bekerjasama, sudah sepatutnya 11 Universitas ini harus saling bahu-membahu guna membantu BNN Jawa Timur mencegah rusaknya generasi Bangsa ini akibat Narkoba.

Isi Nota Kesepahaman tersebut secara garis besar bertujuan untuk penyelarasan program pencegahan terhadap penyalahgunaan  Narkoba di lingkungan masyarakat  melalui sinergitas  antara  mahasiswa, masyarakat dan lembaga Badan Narkotika Nasional di daerah. Untuk terwujudnya masyarakat dan keluarga yang memiliki sikap tegas menolak penyalahgunaan Narkoba dan terbetuknya kawasan Bersinar. Ruang linkupnya berupa pelaksanaan Komunikasi, lnformasi, dan Edukasi (KIE) untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba di masyarakat yang terintegrasi pada tugas dan fungsi Perguruan Tinggi yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi pada program Pengabdian Masyarakat  di Desa dan Kelurahan di Provinsi Jawa Timur. (*)