SEMINAR TENTANG “PERANAN STATISTIKA DI ERA BIG DATA DENGAN DATA SCIENCE”

PROGRAM STUDI STATISTIKA UNIPA SURABAYA MENGADAKAN SEMINAR TENTANG “PERANAN STATISTIKA DI ERA BIG DATA DENGAN DATA SCIENCE”.

APA ITU BIG DATA ? Menurut American Statistical Association (ASA) Big Data adalah suatu fenomena kompleksitas data dalam hal volume dan variasi, dan dalam beberapa kasus kecepatan dimana data itu dikumpulkan . Misalkan hard disk yang kita miliki mungkin masih di bilangan giga atau tera, namun data yang dihimpun Google, Youtube, Twitter, dan Facebook sudah di tingkat petabyte. Data Besar sangat menantang, terutama dalam keilmuan statistika atau statistical science. Masalah data besar atau big data biasanya membutuhkan tim multi disiplin menurut sifatnya. Paling tidak, mereka biasanya membutuhkan ahli bidang komputasi, pemrograman, pakar pembelajaran mesin atau machine learning, dan ahli statistik. Statistika sendiri merupakan suatu ilmu yang mengumpulkan, menganalisis dan memahami data, dan menghitung ketidakpastian yang relevan. Sedangkan data science merupakan pertemuan antara Statistika, matematika dengan ilmu komputer. Sehingga pada kesempatan ini, Prodi Statistika bekerjasama dengan Data Science Indonesia mengadakan seminar dan pemahaman terhdapat ilmu data. Seminar diikuti oleh civitas akademi Prodi Statistika UNIPA Surabaya. Lebih lanjut melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapatkan informasi baru terkait ilmu data guna menghadapi perubahan-perubahan yang sudah semakin cepat dari berbagai bidang sosial, marketing, manufaktur dan pemerintahan dengan cara berpikir analitik.

Pada kesempatan yang sama, sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan penyerahan nota kesepahaman Program Studi Statistika UNIPA Surabaya dengan Yayasan Data Science Indonesia. Hal tersebut memperkuak dan meningkatkan pemahaman akademisi dan lulusan prodi statistika UNIPA Surabaya nantinya terhadap ilmu data/ data science. Data Science Indonesia didirikan pada Mei 2015, memperjuangkan teknologi berbasis data dalam semangat kemitraan publik-swasta, jaringan DSI dari ilmuwan data, pengembang web, dosen, hingga analis media yang mewujudkan proses sebagai upaya tim. Komunitas Data Science Indonesia didirikan dan dikelola oleh Yayasan Data Science, terdaftar di Kemenkumham sebagai badan hukum (Yayasan).

Salah satu point dalam kerjasama ini diataranya adalah pemasyarakatan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang data, matematika dan statistika dalam bentuk Data Science Club. Melalui Data Science Club / DSC, mahasiswa akan mendapatkan tambahan pembelajaran dan keterampilan baru terkait ilmu data atau data science secara langsung melalui praktik di kelas diluar jam perkuliahan dengan tentor dari DSI. Dalam DSC nantinya juga terdapat kurikulum dan diberikan pengetahuan terkait pembelajaran mesin atau machine learning dari dasar sampai analisa data.

Dengan demikian, besar harapan kami, sebagai salah satu institusi / satu-satunya PT Swasta di Jawa Timur yang memiliki Program Studi Statistika dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan memajukan pendidikan nasional melalui keterampilan dalam menyajikan data yang bermanfaat untuk kehidupan. PAGI (Peduli, Amanah, Gigih dan Inovatif).

 

Gangga Anuraga

Kaprodi Statistika UNIPA Surabaya